REVIEW EVENT WORKSHOP: MEMBUAT ANIMASI FLIPBOOK

October 30, 2017 Berita | Event

Pada hari Sabtu 28 Oktober 2017 Eko Nugroho Art Class turut memeriahkan rangkaian acara Festival Film Animasi Internasional yang diselenggarakan di Yogyatourium (Dagadu Djokdja) Jl. Gedongkuning Selatan No. 128 Yogyakarta. Kegiatan anak-anak pada hari itu terbagi menjadi 4 sesi yakni workshop Flip Book yang diisi dari kakak-kakak Lanting Animation, Mural bersama Eko Nugroho, Pemutaran dan Penjurian Film Animasi Anak dan Pemutaran Film “Boy and The World”. Acara berlangsung mulai dari jam 10.00 – 16.30 WIB. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 51 pendaftar dan yang hadir sebanyak 48 peserta. Antusias para pendaftar sangat tinggi akan kegiatan ini. Dua hari kegiatan ini publikasi kuota peserta sudah penuh terisi. Tiga puluh menit sebelum acara dimulai peserta sudah mulai berdatangan ke lokasi acara untuk melakukan registrasi ulang.

Workshop Flip Book berjalan tepat waktu dan sangat lancar. Adik-adik peserta mendengarkan arahan dari kakak-kakak Lanting Animation, kemudian peserta dibagi menjadi kelompok-kelopmok kecil dengan didampingi oleh tim pengajar dari Eko Nugroho Art Class. Sesi workshop ditutup langsung oleh Pak Eko Nugroho dan dilanjutkan dengan kegiatan mural bersama. Mural kali ini Pak Eko Nugroho terjun langsung bersama anak-anak untuk melakukan mural bersama. Anak-anak tampak senang dan antusias, menggoreskan kuas di papan mural tersebut. Kegiatan mural kali ini, kami menyediakan tiga spot untuk mural diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjadi wadah penyaluran emosi anak serta menjadi media untuk bercerita dan berimajinasi melalui bahasa visualnya masing-masing. Selain itu  kegiatan mural juga bermanfaat untuk melatih kerjasama dan saling menghargai sesama. Meskipun sempat turun hujan deras dipertengahan acara, namun tidak menyurutkan semangat dari adik-adik peserta lhoo.. bahkan para peserta kembali melanjutkan kegiatan mural ini, setelah hujan reda.

Setelah break makan siang, kegiatan selanjutnya yakni pemutaran dan penjurian film animasi anak. Disini anak-anak tidak hanya sekedar menonton, tapi merekalah yang menjadi juri untuk memilih film mana saja yang ia sukai. Kegiatan ditutup dengan pemutaran film “Boy and The World”, dimana film ini termasuk film yang masuk dalam nominasi oscar dan telah memenangkan lebih dari 40 Festival Animasi Dunia.

Melalui kegiatan ini harapannya dapat memberikan pengalaman baru yang  berkesan, melatih kreativitas dan meningkatkan daya imajinasi anak. Tidak hanya itu saja, anak juga belajar banyak tentang bagaiamana proses membuat animasi secara sederhana.

Share this: