Review Event – Fieldtrip ke Museum Affandi

April 5, 2018 Berita

Pada hari Rabu tanggal 4 April 2018, Eko Nugroho Art Class mengadakan mini field trip bersama murid-murid. Acara field trip kali ini merupakan salah satu dari Rangkaian Acara Pameran Kartu Pos “Story of Yogyakarta”. Dikarenakan field trip diselenggarkan di hari sekolah pukul 14.30 WIB maka peserta field trip kali ini didominasi oleh murid-murid dari kelas Basic. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 10 peserta yang terdiri dari 5 murid Eko Nugroho Art Class dan 5 orang tua murid. Meskipun tidak banyak peserta yang mengikuti kegiatan ini, hal tersebut tidak menyurutkan antusias dari para peserta field trip lho. Rasa keingintahuan yang tinggi pun menghasilkan celotehan dan pertanyaan-pertanyaan menggelithik dari para peserta yang didominasi anak-anak usia 4-6 tahun.

Rombongan peserta didampingi oleh 3 orang tim Eko Nugroho Art Class dan dipandu oleh guide dari Museum Affandi. Di Gallery I, Guide menjelaskan tentang kisah kehidupan Affandi. Di Gallery II dan Gallery III, Guide menjelaskan tentang karya-karya Affandi. Selanjutnya, peserta diajak melihat rumah Affandi yang berada di tengah-tengah museum. Dari penjelasan Guide tersebut, para pesertapun menanyakan satu per satu karya Affandi secara detail.

Museum Affandi ini terletak di Jalan Laksda Adisucipto No. 167 di tepi barat Sungai Gajah Wong. Di Museum ini terdapat 3 galeri yang menempati tanah seluas 3500 m2. Galeri I sebagai ruang pameran semua hasil karya lukisan Affandi dari tahun awal hingga tahun terakhir semasa hidupnya. Lukisan tersebut terdiri atas lukisan cat air, pastel, serta cat minyak di atas kanvas. Disana terdapat reproduksi dua buah patung potret diri karya Affandi, serta sebuah reproduksi patung berupa potret diri Affandi bersama putrinya Kartika. Terpampang juga sebuah mobil Mitsubishi Gallant tahun 1970 yang merupakan mobil kesayangan Affandi semasa hidupnya yang telah dimodifikasi menyerupai bentuk ikan.

Waah seruuu yaa….. dan tidak ada salahnya mengajak anak-anak berkunjung ke Museum karena akan ada banyak hal yang bisa mereka pelajari disana. Salah satu manfaatnya yaitu kita bisa mengajarkan anak tentang bagaimana mengapresiasi sebuah karya orang lain. Field trip selama 1 jam pun tidak terasa, dan diakhir acara ada sesi foto bersama para peserta dengan para tim guru.

Share this: