Review Event – Drawing on Postcard

April 12, 2018 Berita

Sabtu 7 April 2018 lalu Eko Nugroho Art Class menyelenggarakan workshop “Drawing on Postcard”. Workshop ini masih dalam satu rangkaian acara Pameran Kartu Pos “Story of Yogyakarta” yang berlangsung dari 29 Maret 2018 sampai 11 April 2018. Senada dengan tujuan pameran kartu pos, melalui workshop ini kami ingin mengembalikan makna dan memperkenalkan kembali kartu pos kepada generasi saat ini.

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 15 anak yakni pada sesi 1 diikuti oleh 10 anak dan 5 anak lainnya pada sesi 2. Peserta workshop mulai dari usia 4 hingga 9 tahun. Setiap peserta dibagikan 1 paket kreatifitas yang berisikan 3 lembar kartu pos, 1 perangko 3000 dan 1 paket spidol warna yang nantinya seusai workshop paket kreatifitas ini dapat dibawa pulang oleh peserta. Peserta yang mengikuti workshop sangat antusias, terlihat dari beberapa peserta yang masih ingin menggambar lebih dari kartu pos yang disediakan. Para peserta juga antusias mendengarkan penjelasan dari kakak-kakak fasilitator tentang apa itu kartu pos.

Di sesi kedua didominasi oleh anak-anak usia  4-6 tahun, ekspresi kepolosan dari para peserta ini juga sangat beragam dan membuat gelak tawa dari kakak-kakak fasilitator. Salah satu peserta yang berusia 4 tahun ini contohnya, ia merasa tidak rela jika kartu pos nya dimasukkan ke dalam bis surat. Dengan raut muka sedih ia meratapi kartu pos yang sudah terlanjur masuk kedalam kotak bis surat dan ia meminta kartu pos tambahan untuk digambar lagi. Seusai menggambar kartu pos tambahan tersebut, ia berpesan pada kakak fasilitator untuk tidak memasukkan kartu pos tersebut ke dalam bis surat.

Dalam kegiatan ini peserta memang sengaja diberi kesempatan untuk memasukkan kartu pos ke dalam bis surat yang sudah disediakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berkirim kartu pos kepada sanak saudara dan handai taula, dikarenakan pengembalian karya ini nantinya akan dikirim melalui pos Indonesia. Peserta dapat mengirim ke alamat area Yogyakarta sesuai dengan nominal perangko yakni perangko 3000 yang hanya bisa mengakomodasi untuk area Yogyakarta. Seperti biasa, diakhir acara ada sesi foto bersama bagi peserta worskhop “Drawing on Postcard”. Yeaay seruu kan…sekarang tinggal menunggu kartu pos nya sampai deh. Sampai jumpa di event Eko Nugroho Art Class selanjutnya yaa.

Share this: