RAMESAN ART EXHIBITION

December 16, 2019 Berita

Berkarya dari Hati untuk Berbagi

21 November – 04 Desember 2019

 

Penuh dengan rasa bahagia, RAMESAN ART EXHIBITION: Berkarya dari Hati untuk Berbagi telah usai dilaksanakan. Pameran yang menampilkan karya kolektif siswa Eko Nugroho Art Class telah mencapai misinya untuk mengekspresikan diri dan membagikannya kepada sesama. Sejak pembukaannya pada Kamis tanggal 21 November 2019 sampai pada penutupannya pada Rabu tanggal 04 Desember 2019 di Pendhapa Art Space, pameran ini terus mengajak publik untuk menyerap makna keberagaman yang ditampilkan secara indah lewat karya seni rupa.

Pameran kali ini mengajarkan kita satu hal penting. Bahwa kreativitas dalam keberagaman dan kebersamaan adalah identitas yang harus kita pamerkan kepada dunia. Eko Nugroho Art Class merasa bangga telah berjalan berdampingan dengan seluruh siswanya dalam proses dan hasil karya dalam pameran ini. Penuh dengan kepercayaan diri, setiap karya dilelang sebagai upaya donasi kepada panti asuhan yang menjadi misi berbagi RAMESAN ART EXHIBITION.

Kreativitas yang ditunjukkan dalam pameran ini akan terasa sayang jika tidak dapat dirasakan oleh setiap pengunjung dan penontonnya. Publik diajak berkarya lewat program Eko Nugroho Art Class yang dimunculkan di pameran ini yaitu Teenager Program #4 untuk pengunjung dewasa dan Art Friday #19 untuk pengunjung usia 2-6 tahun. Kedua program ini adalah program rutin Eko Nugroho Art Class yang sarat akan mix media dan identik dengan tema RAMESAN ART EXHIBITION. Sehingga tidak lepas dari sebuah program, aktivitas kreatif ini juga ingin dipamerkan sebagai upaya menyebarkan benih-benih kreativitas kepada masyarakat.

Adapula Workshop “Prasmanan” yang berlangsung setiap hari yang menjadi bagian menarik dari pameran kali ini. Alat dan bahan untuk berkarya dipilih dan ditentukan sendiri oleh para peserta workshop. Mereka dapat memilih antara tutup botol, botol plastik, kantung plastik, plastik kemasan, tali rafia, sedotan plastik, kain perca, kardus, kertas bekas, dan juga karet gelang yang sebelumnya telah disediakan. Sehingga proses dan hasil karya tiap peserta akan berbeda-beda, serta menjadi tantangan setiap fasilitator Eko Nugroho Art Class untuk membatnu mewujudkan karya yang diinginkan. Hal ini sangat serupa dengan proses belajar di Eko Nugroho Art Class yang tentunya ingin diperlihatkan juga dalam pameran ini.

Selain kegiatan-kegiatan kreatif, pameran ini juga menampilkan karya kolaborasi dengan siswa Smile Plus School di Collaborative Space. Smile Plus School telah menjadi mitra kami di tahun 2019 dan turut membantu mencapai misi pendidikan yang sama, bahwa setiap anak kreatif dengan karakternya masing-masing. Selain itu juga ada area lain yang menampilkan produk-produk kreatif dari produsen lokal Yogyakarta di Creative Space. Produk-produk yang bergabung dalam Creative Space terdiri dari Art Shop by Eko Nugroho Art Class, DGTMB Shop, dan Daily Noon Store. Adanya produk-produk ini menunjukkan kepada publik bahwa ruang kreasi dan kreativitas itu besar dan bisa juga bernilai jual.

Setelah 2 minggu pameran ini berlangsung, akhirnya RAMESAN ART EXHIBITION: Berkarya dari Hati untuk Berbagi ditutup dengan penyerahan hasil dana lelang karya kepada Panti Asuhan Atap Langit. Selain itu, anak-anak Panti Asuhan Atap Langit juga diajak untuk berkarya bersama Eko Nugroho Art Class di Pendhapa Art Space. Sehingga mereka tidak hanya menerima secara nominal, namun juga mendapatkan pengalaman berkarya yang berharga dan tak terlupakan di RAMESAN ART EXHIBITION 2019.

Sungguh luar biasa dampak yang bisa dihasilkan dari buah karya kita. Eko Nugroho Art Class juga ingin berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu menyelenggarakan pameran ini; Nanamia Pizzeria, DGTMB Shop, dan Smile Plus School yang telah menjadi partner; serta PT. Indoguna Utama, Prambanan Kencana, PT. Sukanda Jaya, Ekologi Desk & Coffee, Estuary, CV. Brilliant Books, Sejenak Coffee, Fastrack Funschool, dan TK Ananda Mentari yang telah memberi support. Tanpa partisipasinya, RAMESAN ART EXHIBITION tidak akan terasa semenyenangkan ini.

Begitu juga kepada seluruh pengunjung yang membawa rasa bahagi dan bangga ini, Eko Nugroho Art Class mengucapkan terima kasih dan mengajak kita untuk terus membagikan rasa bahagia ini bersama-sama. Akhir kata, mari terus kita nikmati menu Ramesan dalam kehidupan kita sehari-hari dengan semangat kreativitas, dan sampai jumpa di pameran Eko Nugroho Art Class tahun 2020. See you all next time!

Share this: