Mask Painting and Drawing Challenge

August 24, 2017 Berita | Event

Pameran Daily Fantasy yang di inisiasi oleh Eko Nugroho Art Class bekerja sama dengan Greenhost Boutique Hotel telah berlangsung pada tanggal 7 sampai dengan 21 Agustus 2017. Selain Pameran Seni Rupa Anak, Eko Nugroho Art juga menyelenggarakan Art Activity yang masih satu rangkaian dengan acara pameran tersebut. Pada Art Activity kali ini kami membawakan 2 kegiatan yakni Mask Painting dan Drawing Challenge. Kegiatan mask Painting bertujuan untuk memperkenalkan kepada peserta bahwa melukis dapat juga dilakukan di media 3 dimensi, salah satu media yang kami pilih yaitu topeng untuk dilukis, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengalaman baru bagi peserta yang selama ini hanya melukis di media 2 dimensi, peserta bebas berkreasi dalam melukis topeng sesuai dengan imajinasi mereka masing-masing. Ada beragam jenis topeng yang digunakan seperti topeng berbentuk kepala kelinci, kucing, batman, gajah, dan koala. Kegiatan kedua yaitu Drawing Challenge, kegiatan ini memberikan tantangan pada anak untuk melanjutkan potongan gambar yang hilang. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menstimulus anak untuk mengambil keputusan dan mengenalkan pada anak bagaimana memecahkan permasalahan, selain itu melalui kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan imajinasi, kreasi dan kreativitas anak.

Kedua kegiatan tersebut di atas diselenggarakan pada tanggal 12 Agustus 2017, bertempat di Creative Sharing Space, Greeenhost Boutique Hotel, Jl. Prawirotaman II No. 629 Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 24 peserta. Art activity kali ini dibuka untuk umum dengan rentang usia peserta mulai dari 4-12 tahun dan dibandrol biaya Rp 75.000,00.  Kegiatan ini dibagi menjadi dua shift, dimana shift pertama dilaksanakan pada pukul 11.00-13.00 WIB dan shift kedua dilaksanakan pada pukul 14.00-16.00 WIB. Dalam 1 shift peserta diberi dua kegiatan, kegiatan pertama yakni drawing challenge, disini peserta menggunakan media kering. Kegiatan kedua yakni Mask Painting dan menggunakan media basah yakni cat acrylic.

Peserta sangat antusias dan gembira, bahkan mayoritas dari mereka bergegas ingin cepat menyelesaikan karya karena ingin segera berfoto dan bermain menggunakan topeng tersebut. Pada usia mereka memang fase sewajarnya untuk bermain dan pada fase ini kegiatan bermain menjadi penting untuk tumbuh kembang anak. Dengan bermain mereka bisa mengeksplorasi dan belajar hal-hal yang baru. Selain itu, bermain dapat membangun rasa percaya diri anak, dengan imajinasinya ia bisa menciptakan permainan yang ingin dimainkannya. Manfaat yang lainnya, dengan bermain dan berkarya membuat anak menjadi bahagia sekaligus mengajarkan anak-anak untuk bersosialisasi dan mengasah kemampuan anak untuk berkomunikasi. Tidak hanya keseruan saja lho yang didapat dalam kegiatan ini, banyak manfaat yang berguna bagi tumbuh kembang anak juga.

Sesuai dengan tagline dari Eko Nugroho Art Class yakni Kreatif, Ekspresi, Rekreasi. Kami berusaha menjadikan seni sebagai ruang kreatif; menjadi ruang bebas bagi anak untuk menuangkan ide dan melatih kreatifitas, menjadi ruang untuk menyalurkan ekspresi anak; anak mengenal seni sebagai cara pengungkapan rasa dan seni akan menjadi ruang rekresi; seni menjadi tempat hiburan yang menyenangkan. Eko Nugroho Art Class memfasilitasi aktualisasi kecerdasan anak sejak usia dini karena usia dini adalah usia keemasan anak dimana anak mampu menunjukkan bakat dan minat dengan imajinasi tanpa batas. Bagaimana tertarik untuk bergabung ke Eko Nugroho Art Class? Nantikan event kami selanjutnya yaa.. See you kiddos….

Share this: