Art for Children

December 6, 2017 Berita

Hari Minggu 3 Desember 2017 Jogja-NETPAC Asian Film Festival yang berkerjasama dengan Japan Foundation dan berkolaborasi dengan Eko Nugroho Art Class Class telah sukses menyelenggarakan Program Art For Children di Taman Budaya Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Jogja-NETPAC Asian Film  Festival yang dilaksanakan pada 1-8 Desember 2017. Acara ini berlangsung dari pukul 10.00-13.30 WIB.

Kegiatan pertama yakni Pemutaran Film “My Neighbor Totoro” karya Hayao Miyazaki. Pada sesi pemutaran film, diikuti oleh 65 peserta dengan didampingi para orangtua. Sebelum film diputar, acara ini dibuka oleh perwakilan pihak JAFF dan Direktur dari Eko Nugroho Art Class. Durasi film selama 86 menit, dilanjutkan sesi foto bersama setelah pemutaran film berakhir. Tidak sampai disitu, setelah break makan snack, peserta masih melanjutkan kegiatan di sesi kedua yakni mural bersama Eko Nugroho Art Class.

Meski terik sinar matahari yang menyengat, tak menyurutkan semangat dari para peserta. Bahkan pada sesi mural diikuti oleh kurang lebih 80 anak. Besarnya antusias peserta membuat acara mural kali ini sangat meriah. Bahkan untuk mural kali ini, diikuti beberapa anak batita yang sangat menggemaskan. Warna-warni cat menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka, tak heran ketika mereka dapat bermain cat, cat tersebut digunakan untuk melumuri tangan dan sebagian anggota badan mereka. Pada mural kali ini disediakan 14 spot mural. Peserta terbagi menjadi 14 kelompok dan kakak-kakak dari Eko Nugroho Art Class, secara bergiliran mendatangi dan mendampingi dari kelompok satu ke kelompok lain. Tak jarang juga orangtua ikut membantu mengarahkan anaknya dan sibuk mendokumentasikan hasil karya anaknya.

Beragam gambar dihasilkan oleh adik-adik peserta, ada yang melukis doodle, istana, totoro dan masih banyak yang lain. Hasil dari mural dipajang pada kerangka besi yang menyerupai bentuk rubik. Kerangka ini sudah dipersiapkan khusus untuk memajang hasil mural para peserta. Display karya yang berbeda kali ini menambah nilai artistik tersendiri. Para peserta pun dapat berfoto bersama karyanya dengan background karya yang sudah berwujud tiga dimensi tersebut. Peserta mural tidak bergegas untuk pulang, bahkan beberapa peserta ikut terjun langsung membantu para kakak panitia memasang hasil mural ke dalam kerangka besi tersebut. Terimakasih adik-adik peserta yang sudah datang ke acara Art For Children kali ini, kami para panitia sangat mengapresiasi semangat dan hasil karya adik-adik semua. Sampai jumpa di event kami selanjutnya.

Share this: