Review Event – Workshop Art on Textile

July 28, 2018 Berita

Painting on Drawstring & Tie Dye on T-Shirt

Menyambut Hari Anak Nasional bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menggelar workshop Art on Textile yang digagas oleh Eko Nugroho Art Class dan Nanamia Pizzeria. Workshop Art on Textile ini digelar selama dua hari berturut-turut di Nanamia Pizzeria Jl. Tirtodipuran No. 1 Matrijeron, Yogyakarta, sejak Sabtu dan Minggu tanggal 21 – 22 Juli 2018. Workshop Art on Textile mengusung dua tema berbeda setiap harinya.

Pada hari pertama, Sabtu, 21 Juli 2018 diisi dengan Painting on Drawstring, yakni melukis di atas sebuah tas serut. Acara workshop yang digelar mulai pukul 11.00 – 15.00 WIB tampak meriah. Dipandu oleh Kak Febri dan Kak Dewi fasilitator dari Eko Nugroho Art Class, antusiasme para peserta yang terdiri dari 32 anak mulai usia 4 hingga 12 tahun ini kian tampak manakala mereka sudah mulai asyik menggambar. Oiya, para peserta workshop day 1 ini juga mendapatkan gift berupa free entry ticket ke Museum De ARCA.

Workshop Painting on Drawstring berjalan seru dan fun! Para peserta dibagi menjadi 5 mini grup yang terdiri dari 6 -7 anak setiap grupnya. Dipandu Kak Febri dan Kak Dewi dari Eko Nugroho Art Class, para peserta dapat langsung melukis dan mengeksplorasi cat aneka warna untuk diaplikasikan di atas tas serut milik masing-masing. Setiap minigrup didampingi oleh kakak-kakak fasilitator dari Eko Nugroho Art Class.

Para peserta dibebaskan untuk menentukan ide serta kreativitas dalam melukis tas serutnya. Karya yang sudah selesai kemudian dikeringkan sesuai antrian. Usai berkarya, para peserta berfoto bersama dengan memamerkan karya yang telah dibuat. Lihat, hasil karya mereka bagus-bagus sekali kan?

Nah, hari kedua Workshop Art on Textile diisi dengan Workshop Tie Dye on T-Shirt. Tema workshop di hari kedua ini tidak kalah seru dengan hari pertama loh! Dimulai sejak pukul 11.00 – 15.00 WIB, kali ini ada 40 anak yang menjadi peserta workshop. Masih dipandu oleh duo fasilitator dari Eko Nugroho Art Class yakni Kak Febri dan Kak Dewi, peserta dibagi menjadi 5 mini grup yang terdiri dari 8 anak setiap grupnya.

Sama halnya pada aktivitas workshop di hari pertama, kali ini para peserta pun dibebaskan untuk menentukan ide serta kreativitas dalam membuat pola motif tie dye itu sendiri. Aktivitas ini bertujuan menumbuhkan daya imajinasi dan kreativitas para peserta serta menciptakan kebanggaan pada diri anak akan hasil karyanya. Digelar di alam terbuka Nanamia Pizzeria, membuat kegiatan ini menjadi media belajar anak tentang salah satu teknik membatik di Nusantara yang tidak saja menyenangkan namun juga mengasyikkan.

Menyenangkan sekali melihat para peserta belajar teknik batik ikat celup atau tie dye. Mereka mencoba mengikat kaos polos berwarna putih yang sudah disediakan oleh Eko Nugroho Art Class. Kemudian mereka mencoba membuat motif spiral dengan cara memutar kaos dan mengikatnya dengan karet gelang. Langkah selanjutnya adalah memberi warna dengan pewarna kain yang aman dan ramah lingkungan, lalu dikeringkan. Mudah bukan? Hasil karya mereka juga cantik sesuai gradasi warna yang dieskplorasi masing-masing peserta. Usai berkarya, seluruh peserta berfoto bersama dengan memamerkan karya yang telah dibuat. Harapannya, anak Indonesia tak hanya bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang cerdas dan pintar namun juga kreatif. Sehingga kedua orangtuapun semakin bangga terhadap putra-putrinya.

Ohya, yang membuat event Workshop Art on Textile semakin seru dan menyenangkan karena selain anak-anaknya dapat berkarya, para orangtua yang mengantar pun merasa happy, karena mereka bisa menikmati aneka menu hidangan lezat khas Italia dari Nanamia Pizzeria.

Bagi teman-teman yang belum berkesempatan mengikuti workshop dari Eko Nugroho Art Class, nantikan workshop kami selanjutnya. Karena kami akan selalu menghadirkan aktivitas anak-anak yang kreatif dan juga menunjang tumbuh kembang anak. See you!

Share this: