Review Art Friday Series 2 – PERCA DALAM KOLASE

May 30, 2018 Berita

Hai…Hai…Hai.. bulan Mei ini Eko Nugroho Art Class mengadakan program Art Friday Series 2 dengan mengusung tajuk yakni “Perca dalam Kolase”. Program Art Friday kali ini diselenggarakan pada hari Jumat, 25 Mei 2018 pukul 09.30-11.00 WIB. Aktivitas ini ditujukan untuk anak-anak usia 2-6 tahun, setiap peserta dikenakan biaya Rp 60.000 saja dalam kegiatan ini. Bahan utama yang digunakan sebagai materi workshop kali ini yaitu memanfaatkan sampah-sampah plastik kemasan makanan. Tidak hanya itu saja, aktivitas ini juga menggunakan kertas kalkir, kertas emas, dan lem.  Pemanfaatan bungkus plastik makanan ini diharapkan bisa mengajarkan pada peserta, bahwa dalam berkarya bisa memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai dan biasanya hanya dibuang di tong sampah.

Art Friday kali ini diikuti oleh 5 peserta, dimana salah satu dari mereka adalah dari Warga Negara Asing. Di awal, tim pengajar Eko Nugroho Art Class menjelaskan langkah-langkah membuat “Perca dalam Kolase” dalam 2 bahasa, kemudian peserta mulai berkarya dengan didampingi tim pengajar dan orang tua. Tetapi tidak semua anak dibantu orang tuanya saat proses menggunting dan menempel, karena beberapa peserta sudah bisa melakukannya sendiri. Yaa.. salah satu tujuan dari penyelenggaraan aktivitas ini yaitu melatih kemandirian peserta dan meningkatkan kepercayaan diri sang anak. Selain itu masih banyak manfaat dari aktivitas “Perca dalam Kolase” di antaranya dapat melatih motorik halus. Saat bermain kolase, anak harus melepas satu per satu stiker. Nah, latihan melalui permainan ini secara langsung menstimulasi kemampuan motorik halusnya. Jari-jemarinya akan siap untuk diajak belajar menulis. Kedua, meningkatkan kreativitas. Ketiga, melatih konsentrasi. Permainan ini butuh konsentrasi cukup tinggi, saat melepas dan menempel dibutuhkan pula koordinasi pergerakan tangan dan mata. Anak dapat mengenal warna dan bentuk. Kolase dapat melatih memecahkan masalah, anak tanpa sadar sebenarnya sedang dilatih untuk memecahkan sebuah masalah. Permainan ini juga Mengasah kecerdasan spasial anak dan melatih ketekunan serta kesabaran anak.

Para peserta antusias mengikuti workshop “Perca dalam Kolase”, terlihat mereka membuat karya dengan sangat semangat dan masing-masing dari mereka membuat 2 karya.  Para orang tua juga senang dan ikut membantu pembuatan karya tersebut. Setelah proses berkarya selesai, acara workshop ditutup dengan sesi foto bersama dengan membawa karyanya masing-masing.

Share this: