Pola Asuh Terbaik untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak

October 19, 2017 Artikel

Hai Art Class, tau tidak? kepribadian seseorang akan terbentuk dalam proses yang panjang, oleh karena itu mengembangkan kecerdasan emosional anak sangat penting untuk membentuk kepribadian anak, yang mana akan berpengaruh hingga ia dewasa nanti. Dengan kepribadian yang baik, maka anak akan memiliki etika yang baik juga di kemudian hari. Untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak dapat kita mulai dari pola asuh orangtua di rumah lho Mom… Lalu jenis pola asuh orangtua yang bagaimana ya yang dapat membentuk kecerdasan emosional anak?

Jenis-jenis pola asuh orang tua, yang pertama “Authoritative”. Pola asuh yang seperti apa ya itu?  Jadi pola asuh “Authoritative” adalah pola asuh yang hangat namun tegas. Orangtua mendorong anaknya menjadi pribadi yang mandiri dan memiliki kebebasan, namun tetap memberi batas dan kontrol pada anaknya.

Pola asuh yang kedua adalah “Authoritarian”. Jenis pola asuh yang seperti apa ya itu? “Authoritarian” adalah  pola asuh yang menuntut kepatuhan yang tinggi dari anak-anak. Orangtua lebih banyak menggunakan hukuman, batasan, kediktatoran, dan kaku. Uhmm… Adakah Mom & Dad yang menerapkan pola asuh seperti ini?

Jenis pola asuh yang ketiga, yakniNeglectful” yaitu pola asuh di mana orangtua hanya menunjukkan sedikit komitmen dalam mengasuh anak, yang berarti mereka hanya memiliki sedikit waktu dan perhatian untuk anaknya. Wah Mom.. adakah yang memiliki pola asuh seperti ini? Meskipun memiliki kesibukan dalam pekerjaan, penting ya mom memiliki quality time bersama anak.  Bermain bersama anak akan menciptakan bonding antara orangtua dan anak lho. Yuk mom ciptakan quality time bersama sang buah hati.

Jenis pola asih yang terakhir yakni “Indulgent” yaitu pola asuh yang cenderung menerima, lunak, dan lebih pasif dalam kedisiplinan. Orangtua mengumbar cinta kasih, tidak menuntut, dan memberi kebebasan tinggi pada anak untuk bertindak sesuai keinginannya. Adakah yang menerapkan pola asuh seperti ini Mom? Memberikan kasih sayang pada anak memang penting, tapi jangan terlalu memanjakan anak juga ya Mom..

Lalu kira-kira jenis pola asuh yang bagaimana yang membentuk kecerdasan emosional anak? Dari keempat pola asuh yang sudah kita bahas, pola asuh yang terbaik adalah pola asuh yang pertama ya Mom yakni “Authoritative”. Hayoo siapa yang sudah menerapkan pola asuh semacam ini? Yuk Mom & Dad kita praktekkan bersama-sama

Source: Llifestyle Okezone

www.ekonugrohoartclass.com

Share this: