Pentingnya Imajinasi Bagi Anak

September 25, 2017 Artikel

Hai Art Class..

Kali ini kita akan membahas apa pentingnya imajinasi bagi anak-anak.  Imajinasi anak berkembang seiring dengan kemampuannya berbicara. Imajinasi menjadi sarana bagi anak untuk beradaptasi pada lingkungan disekitarnya. Imajinasi berperan aktif dalam merangsang ide-ide dan pemikiran kreatif serta memberikan energi pada tindakan kreatif. Kemampuan imajinatif anak merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasannya. Wow.. jangan remehin imajinasi anak yaa Mom, meskipun kesannya absurd, namun itu bermakna lho mom… yuk fasilitasi anak kita untuk mengembangkan imajinasinya.

Taukah Mom jika perkembangan imajinasi akan tumbuh tidak sama pada setiap anak? Jadi agar imajinasi anak tumbuh dan berkembang secara optimal, perlu upaya untuk membangun imajinasi tersebut. Di masa balita, imajinasi merupakan bagian dari tugas perkembangannya. Sementara pada anak usia sekolah yakni diantara 4 dan 5 tahun, imajinasi anak berada pada tahap intensitas paling kuat. Sehingga anak memiliki daya menghafal dan memorisasi yang paling kuat, dengan materi ingatan yang banyak. Periode seperti inilah Mom.. yang harus menjadi perhatian orangtua agar moment ini tidak terlewati begitu saja. Di fase ini kita bisa membantu menumbuhkan imajinasi anak.

Imajinasi yang berkembang secara optimal akan membawa banyak manfaat untuk anak lho Mom.. Kira-kira apa saja ya? Yang pertama, anak akan lebih terampil bersosialisasi dan berkomunikasi. Kedua, dengan berimajinasi anak akan mampu berpikir kreatif dan pandai dalam menganalisa. Ketiga, melalui imajinasi akan memperkaya pengetahuan anak. Keempat, membuat anak menjadi lebih percaya diri, mandiri dan mampu bersaing secara positif. Kelima, imajinasi yang berkembang secara optimal akan menampakkan bakat sang anak.

Mau tahu nggak Mom..bagaimana caranya menumbuhkan imajinasi anak? Yang pertama, libatkan diri dan coba luangkan waktu untuk bermain bersama anak. Bebaskan dan biarkan anak yang memimpin permainan tersebut. Yang kedua, tidak ada salahnya kita menjadi pendengar yang baik dan berikan respon yang  positif. Yang ketiga, hindari terlalu banyak melarang ya Mom, kenapa? Karena hal ini akan menghambat kreativitas sang anak. Yang keempat, kita juga bisa memperdengarkan musik yang menyenangkan buat anak. Yang kelima, ciptakan suasana tenang, nyaman dan menyenangkan. Susasana yang menyenangkan akan memudahakan anak untuk  mengembangkan imajinasinya. Yuk Mom kita praktekkan bersama-sama…

Pelajaran yang dapat dipetik adalah “Kemampuan anak berimajinasi akan mengantarkan anak menjadi pemikir kreatif yang tentu saja amat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak di masa depan. Agar anak mampu menghadapi dan mencari solusi atas setiap permasalahan yang dihadapinya kelak.” Jangan sia-siakan masa usia emas anak Kita ya Mom.. tenyata impactnya sangat besar pada kehidupan di masa depannya.

Eko Nugroho Art Class hadir untuk mewadahi anak-anak berkreasi dan berimajinasi dengan cara bermain Seni Rupa. Nggak ada salahnya nih mom.. Ikutan FREE TRIAL CLASS nya, biar tahu bagaimana serunya belajar dan berkarya bersama kami. Bagi yang tertarik dan ingin daftar free trial class, bisa konfirmasi ke 0878 394141 01 (Mimi)

 

source: id.theasianparent.com

www.ekonugrohoartclass.com

Share this: