Pameran Kartu Pos “Story of Yogyakarta”

March 27, 2018 Event

Bertepatan dengan Hari Filateli Nasional yakni 29 Maret 2018 Eko Nugroho Art Class akan menyelenggarakan Pameran Kartu Pos “Story of Yogyakarta”. Tema ini dipilih mengingat Yogyakarta sebagai kota yang memiliki pesona akan seni dan budaya. Kami mengajak para peserta pameran untuk menuangkan cerita-cerita menarik, pendapat atau harapan tentang Yogyakarta menurut sudut pandang mereka masing-masing. Tujuan diadakannya pameran ini ingin mengembalikan makna dan memperkenalkan kembali kartu pos kepada generasi muda sekarang ini melalui aktifitas kreatif. Di era digital seperti saat ini memberikan kemudahan masyarakat dalam berkomunikasi melalui gadget. Jarak ratusan kilometer pun tidak akan terasa karena melalui telepon kita bisa saling berkabar dengan mudah. Bahkan melalui media sosial pun, dapat dengan mudah mengetahui kabar teman, kerabat dan sanak saudara.

Pameran Kartu Pos

Keberadaan kartu pos secara perlahan mulai tersisihkan oleh canggihnya teknologi. Jejaring sosial yang beragam kini sudah menggantikan fungsi dari kartu pos tersebut. Eko Nugroho berharap melalui pameran ini dapat mengembalikan pengalaman berkirim kartu pos kepada sanak saudara dan handai taulan dengan kartu yang dilukis karya sendiri adalah keindahan tersendiri yang tak bisa diucapkan. Selain memberikan edukasi kepada anak-anak kita juga mendorong mereka untuk lebih kreatif dalam berkreasi.

Pameran ini menampilkan 3 karya kartu pos Eko Nugroho, 76 karya siswa Eko Nugroho Art Class dan 15 karya dari Tim Eko Nugroho Art Class. Karya yang dipamerkan berupa karya seni rupa 2 dimensi yang menggunakan kartu pos sebagai media gambarnya. Kami pun mendesain perangko khusus dengan logo Eko Nugroho Art Class, dimana nantinya perangko ini dapat digunakan sebagaimana fungsi perangko untuk berkirim surat maupun kartu pos. Karya siswa ini nantinya dapat dikirimkan ke alamat yang ingin dituju, baik itu ke alamat rumah sendiri, rumah nenek, rumah teman ataupun  rumah sanak saudara yang ada di area Yogyakarta. Sehingga selain berkreativitas dan berseni melalui media kartu pos, siswa-siswa dapat mengenal fungsi dari kartu pos dan dapat merasakan pengalaman berkirim ataupun menunggu kartu pos yang datang.

Pada tanggal 29 Maret 2018, opening pameran Kartu Pos “Story of Yogyakarta akan dimeriahkan oleh pertunjukan pantomime dari SKY- Studio Kaliberot Yogyakarta. Pameran ini berlangsung selama dua minggu yakni dari 29 Maret- 11 April 2018 di Kedai Toean Watiman Yogyakarta, Jalan Tamansiswa No. 152 Yogyakarta. Dalam rangkaian acara pameran Eko  Nugroho Art Class akan menyelenggarakan field trip ke Museum Affandi pada tanggal 4 April 2018 untuk murid-murid Eko Nugroho Art Class dan menyelenggarakan workshop “Drawing on Postcard” pada tanggal 7 April 2018 yang dibuka untuk umum. Pameran akan dibuka dari jam 10.00 hingga jam 23.00 WIB.

Share this: