Manfaat Mengajak Anak ke Pameran Seni

November 14, 2017 Artikel

Hai Mom kali ini kita akan membahas Manfaat Mengajak Anak ke Pameran Seni. Tidak ada salahnya nih Mom mengasah bakat seni anak sedini mungkin. Kira-kia bagaimana ya caranya? Nah salah satunya adalah dengan mengenalkan tentang seni pada anak. Orangtua dapat mengajak anak mengunjungi pameran seni di museum, menonton pertunjukan musik dan tari anak atau konser musik anak.
Tahukah Mom dengan mengajak anak melihat pameran seni, orang tua akan memberikan kesempatan buat si kecil untuk mengeksplorasi bakat dan minatnya nanti. Selain itu, ada 4 manfaat lain lho yang bisa dirasakan oleh anak, dengan mengajak ia ke pameran seni, apakah itu?

  1. Memancing kreativitas. Dengan melihat dan mengamati benda-benda seni di sebuah pameran seni atau di museum dapat menstimulasi kreativitasnya. Sesampainya di rumah, ajak anak membuat ‘karya seni’, bisa menggambar, mewarnai, atau menempel-nempel kertas warna-warni. Coba berikan anak kebebasan dalam berkreasi. Tidak perlu dibatasi, Mom cukup memperhatikan dan memandunya. Setelah kegiatan tersebut selesai, pajang karya seni milik si kecil tersebut di rumah. Anak pasti akan sangat senang.
  2. Belajar bersosialisasi. Berada di tempat umum saat mengunjungi museum, pameran seni, atau menonton pertunjukan musikal akan membuat anak belajar bersosialisasi. Di sana anak akan bertemu dengan sesama pengunjung atau penonton, petugas, bahkan mungkin berkenalan dan bermain dengan anak lain seusianya. Anak jadi belajar lebih berani berinteraksi dengan orang lain. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan interpersonal anak.
  3. Memahami peraturan. Saat berada di museum atau pameran seni, anak juga akan belajar memahami peraturan-peraturan yang ada, misalnya tidak boleh sembarangan menyentuh karya seni dan tidak bercanda maupun berlarian dengan kawan-kawannya. Begitu juga ketika menonton show, anak belajar bersabar dan antri saat hendak masuk ruang pertunjukan serta harus duduk dan tidak berisik saat pertunjukan sedang berlangsung.
  4. Mengembangkan imajinasi dan menunjukkan ekspresi. Tidak jarang setelah Mom mengajak anak melihat karya seni atau menonton pertunjukan musik, si kecil akan memperlihatkan ketertarikannya. Anak akan bercerita apa yang akan ia gambar nanti di rumah, atau ia akan berkata kepada Anda bahwa ingin sekali bisa bermain biola atau menari balet.

Saat itulah, Anda bisa mengarahkan anak untuk lebih mendalami minatnya pada seni. Siapa tahu, ketika ia besar nanti, ia akan jadi salah satu pelukis, pemain musik, atau balerina terkenal.
Wah ternyata banyak ya Mom manfaat mengajak anak ke pameran seni, dengan memperkenal seni pada anak, kita dapat mengetahui ketertarikan anak dan mengarahkan minatnya ke wadah yang tepat. Penyaluran emosi anak akan terfasilitasi ke arah yang positif. Dengan mengenalkan seni pada anak, akan mendorong anak untuk berkreasi dan hal ini akan mengembangkan kreativitas dalam diri anak. Anak dapat mengekspresikan perasaan positif dan melepaskan perasaan negatif mereka. Yuk Mom, ajak anak mengenal seni sejak dini.

Source: (Susanto Wibowo) parenting.co.id

Share this: