ART FRIDAY #4 “ – Colorful Sand of Flour”

September 6, 2018 Berita

Hii Mom and Dads…Program Art Friday kembali digelar pada 31 Agustus 2018 dari pukul 9.30 – 11.00 WIB. Aktivitas yang ditujukan untuk anak-anak usia pre-school yang hadir setiap hari Jumat di minggu ke 4 setiap bulannya dan  hanya digelar khusus di Eko Nugroho Art Class.

Art Friday #4, mengusung tema olahan materi berkarya seni rupa dari bahan dapur yaitu tepung kanji yang bertajuk “Colorful Sand of Flour”. Media ini dikenalkan agar anak-anak mengenal sebagian bahan dapur dan juga mengasah kreativitas para orang tua  bahwa berkreasi dapat menggunakan berbagai media sederhana. Para peserta yang selalu terdiri dari  anak dan orangtuanya ini, diajak untuk meracik berbagai warna yang terbuat dari campuran tepung kanji, bahan pewarna makanan, dan sedikit air.  Ketiga bahan dicampur menjadi satu hingga membentuk butiran-butiran yang menyerupai pasir. Setelah terbuat berbagai warna, para peserta mulai menggambar bebas di atas kertas lalu mewarnainya dengan tepung warna tersebut. Bagian-bagian dari gambar tersebut dibubuhkan lem yang bertujuan untuk melekatkan tepung berwarna pada kertas. Setelah bagian-bagian yang dinginkan selesai diberi lem, kemudian tepung berwarna ditaburkan di atasnya.

Proses pembuatan tepung warna ini bermanfaat untuk merangsang sensor peraba dan juga melatih motorik halus anak. Sedangkan proses menggambar dan mewarnainya melatih daya kreativitas dan imajinasi anak. Selain itu, pendampingan orang tua dalam proses berkarya anak, juga akan meningkatkan ikatan emosional dikeduanya yang akan menumbuhkan rasa percaya diri pada si anak. Art Friday #4 ini diikuti oleh 10 anak dari berbagai sekolah pre-school di Yogyakarta.

Share this: