Review Event : Workshop Komik

March 20, 2018 Berita

Haii Art Class.. pada tanggal 4-5 Maret 2018 Eko Nugroho Art Class menyelenggarakan workshop komik yang bertajuk “Make Your Own Comic”. Workshop dilaksanakan di DGTMB Shop yang beralamatkan di Gang Pandanwangi Kav A6, Bener, Tegalrejo Yogykarta. Kali ini workshop dilaksanakan dalam 2 hari, sesi pertama dilaksanakan pada hari Minggu, 4 Maret 2018 diikuti oleh 8 peserta. Sesi kedua dilaksanakan pada hari Senin, 5 Maret 2018 dan diikuti oleh 2 peserta. Workshop berjalan selama 2 jam dan diawali dengan penjelasan terkait komik dan strategi mempopulerkan komik bagi pemula.

Workshop kali ini diikuti  oleh peserta usia 10 tahun hingga 34 tahun. Workshop ini mengambil tema “Kebhinekaan” dan peserta dibebaskan mengolah tema sesuai dengan apa yang diimajinasikannya. Karya dari peserta dikompilasi menjadi 1 buku dan diduplikasi sebanyak jumlahnya banyak peserta. Hasil karya peserta diikutsertakan pada pameran “Sunny Sunshine Darling” di DGTMB Shop pada tanggal 8-9 Maret 2018 dan di pamerkan di Galeri Eko Nugroho Art Class pada tanggal 12-17 Maret 2018.

Workshop kali ini diikuti oleh 1 peserta penyandang tuna rungu, namun hal ini tidak menjadi halangan bagi sang peserta. Peserta didampingi sang Ibu yang sekaligus menjadi translator bagi sang anak. Dukungan dari orangtua amat sangat diperlukan, sehingga keterbatasan tidak lagi menjadi halangan untuk mempelajari sesuatu hal yang baru. Dengan mengantarkan bahkan menemani sang anak mendampingi workshop adalah salah satu bentuk dukungan orangtua. Pendampingan orangtua kepada anak-anaknya juga mempengaruhi semangat anak dalam berkreatifitas, karena pada dasarnya anak membutuhkan keterlibatan, kehadiran dan perhatian yang maksimal dari orangtua.

Peserta lain juga sangat antusias mengikuti workshop komik, waktu 2 jam pun tidak terasa. Bagi mereka yang pemula dengan adanya workshop komik ini sangat membantu mereka membuat komik dengan imajinasi mereka sendiri. Selain itu ada juga peserta yang antusias mengikuti workshop ini karena mereka mengidolakan seniman komik yang bernama Dimboy. Bahkan setelah selesai acara workshop, peserta tersebut sempat bertemu dengan tokoh idolanya Dimboy.

Acara workshop ditutup dengan sesi foto bersama dan pembagian Art merchandise DGTMB Shop. Semua peserta workshop juga mendapatkan voucher diskon DGTMB Shop dan voucher dari D’Walik.

Para orang tua peserta pun sangat senang dapat mengikutsertakan anaknya dalam workshop komik “Make Your Own Comic” selain bisa menambah pengalaman. Peserta menjadi mengerti bagaimana sejarah komik, jenis-jenis komik hingga strategi mempopulerkan komik bagi para pemula. Para orangtua peserta berharap supaya workshop seperti ini diadakan kembali.

Share this: