Review Event : ART SENSORY

April 28, 2018 Berita

Pada tanggal 27 April 2018 Eko Nugroho Art Class menyelenggarakan program baru yaitu Art Friday #1 yang menyasar segmen anak usia pre school  (2-5 tahun) dengan kegiatan Art Sensory yakni membuat jelly dari bahan alami. Sesuai dengan usia tumbuh kembang anak di periodisasi tersebut, maka kami spesial memberikan aktivitas yang bertujuan untuk melatih motorik dan sensorik anak. Di usia pre-school sangat tepat untuk memperkenalkan kegiatan yang melibatkan motorik dan sensorik mereka. Selain itu, kegiatan membuat jelly dari bahan alami ini juga bertujuan untuk memberikan sensasi kepada anak dalam mengamati perubahan wujud benda. Anak-anak dilibatkan untuk meremas dan menyobek-nyobek daun yang berguna untuk melatih motorik mereka, anak dilibatkan untuk memegang daun dan merasakan sensasi memeras daun hingga menghasilkan air camcau. Anak-anak juga dilibatkan memeras jeruk nipis ke air camcau dimana ia bisa merasakan bau camcau yang khas dan bau jeruk nipis yang segar, hal ini akan melatih sensorik mereka karena melibatkan indra penciuman selain mengandalkan indra peraba.

Kegiatan Art Sensory kali ini berdurasi 90 menit dan diikuti oleh 6 peserta. Semua peserta didampingi oleh Ibunya. Dimana para orangtua disini memang dianjurkan untuk ikut serta mendampingi sang anak, selain menciptakan bonding antara orangtua dan anak. Para orangtua juga bisa ikut membantu mengarahkan sang anak. Namun ketika aktivitas dimulai, ada beberapa peserta yang ingin melakukan kegiatan ini sendiri justru mereka enggan dibantu oleh mama atau neneknya. Sehingga Sang Mama pun cukup mengarahkan dengan komunikasi lisan kepada sang anak. Ada beberapa anak juga yang perlu pendampingan orangtua untuk meremas dan menghasilkan air camcau. Kegiatan Art Sensory dipandu oleh tim pengajar Eko Nugroho Art Class yang ikut mempraktekkan dan mendampingi pembuatan camcau ini dari step satu ke step selanjutnya. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat dari para peserta yang sangat semangat, bahkan sebelum kegiatan ini dimulai. Ada peserta yang sudah mulai untuk merobek-robek daun terlebih dahulu dan beberapa peserta yang memang tidak mau dibantu para orangtuanya, karena mereka sangat percaya diri bisa melakukkannya sendiri. Meskipun ada peserta yang malu-malu diawal dan sempat tidak mau memegang langsung daun camcau, namun diakhir sesi pun mereka semangat menuangkan hasil perasan air camcau ke dalam cetakan. Setiap peserta disediakan baskom, saringan, gelas ukur dan cetakan jelly berkarakter hewan.

Sembilan puluh menitpun terasa singkat, semua hasil perasan air camcau sudah dituang ke dalam cetakan. Proses penuangan hasil perasan air camcau semua dikerjakan sendiri oleh para peserta. Di akhir sesi, para peserta melakukan foto dengan hasil karya dan ditutup dengan sesi foto bersama para orangtua. Peserta dapat membawa hasil karya mereka dan tim Eko Nugroho Art Class juga memberikan paket daun camcau, cetakan jelly beserta box nya yang nantinya daun camcau tersebut dapat dipergunakan untuk praktek kembali di rumah. Yeaaaay… para peserta mendapatkan teman baru, pengalaman baru, ilmu baru dan sensasi yang belum mereka temukan sebelumnya. Bagi yang belum berkesempatan gabung di kegiatan Art Sensory dari Eko Nugroho Art Class, jangan lewatkan kegiatan Art Friday kita sesi selanjutnya yaaa… Akan ada banyak kegiatan yang menarik dan beragam dari kami… Ikuti instagram @ekonugrohoartclass yaa untuk info-info terbaru dari kami. Sampai jumpa di event kami selanjutnya.

Share this: