Review Event : ANIMAL MASK CRAFT WORKSHOP

May 15, 2018 Berita

Minggu 13 Mei 2018 Eko Nugroho Art Class telah menyelenggarakan Animal Mask Craft Worksop. Acara ini digelar untuk memeriahkan Jogja Craft Festival yang diselenggarakan oleh Dekranasda Kota Yogyakarta. Acara yang diselenggarakan di Atrium Utara Malioboro Mall ini, diikuti oleh 19 peserta. Peserta yang hadir mayoritas bukan murid Eko Nugroho Art Class melainkan peserta umum, dan ada pula pengunjung Mall yang tertarik kemudian ikut mendaftar di hari itu juga.

Acara dibuka dengan memperkenalkan profil Eko Nugroho Art Class, program, kelas dan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh Eko Nugroho Art Class. Mengingat peserta yang mayoritas non murid Eko Nugroho Art Class, serta pengenalan ini memang ditujukan untuk pengunjung Malioboro Mall. Acara berlangsung dari pukul 11.00 sampai 13.00 WIB. Di akhir acara ditutup dengan sesi foto bersama, dimana para peserta berfoto dengan membawa hasil karyanya masing-masing.

Rata-rata peserta membuat 2 topeng, dengan karakter hewan seperti kelinci, kucing dan macan. Para peserta dibagi dalam mini grup dan didampingi oleh fasilitator dari Eko Nugroho Art Class. Para orangtua yang mengantar puta/putrinya, ikut mendampingi dan menyaksikan anaknya berkarya dari tempat duduk yang telah disediakan dan tidak sedikit para orangtua ikut mengabadikan hasil karya ataupun proses sang anak saat berkreasi.

Kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak, ketika orangtua mungkin tidak terlibat langsung untuk membantu berkarya namun kehadiran orangtua menjadi dukungan tersendiri bagi sang anak. Anak pun jadi lebih percaya diri, dan bangga menunjukkan hasil karyanya yang sudah jadi ke orangtua mereka masing-masing. Disatu sisi kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi anak, dengan membuat karakter hewan sesuai dengan apa yang diimajinasikannya. Kegiatan ini juga menjadi salah satu cara untuk melatih anak menyelesaikan masalah, kenapa demikian? Karena anak dituntut membuat topeng hewan dari selembar piring plastik yang berbentuk bulat. Sehingga daya imajinasi dan kreativitas sang anakpun ikut terasah. Kegiatan ini juga mengajarkan anak untuk bersosialisasi lho, karena disini anak-anak bertemu dengan teman barunya, dan dengan kakak-kakak dari Eko Nugroho Art Class. Satu lagi, kegiatan ini melibatkan proses menggunting yang meningkatkan motorik halus anak serta meningkatkan kecerdasan spasial anak melalui kegiatan menempel.

Terimakasih adik-adik yang telah ikut serta di Animal Mask Craft Workshop kali ini. Terimakasih juga para orangtua yang sudah hadir mengantarkan dan mensupport putra-putrinya. Sampai jumpa di event Eko Nugroho Art Class selanjutnya.

Share this: