Fieldtrip Pertama di Tahun Pertama Berdiri

December 31, 2015 Artikel

Fieldtrip Para Peserta Didik Eko Nugroho Art Class ke Pameran Biennale Jogja edisi 13 tahun 2015

Fieldtrip Biennale 4Fieldtrip adalah salah satu aktivitas belajar yang ditawarkan oleh Eko Nugroho Art Class. Fieldtrip ini bertujuan untuk menggali kreativitas dan imajinasi para peserta didik dan diharapkan nantinya para peserta didik mampu menuangkan imajinasinya secara visual dengan gaya dan karakternya masing-masing. Pada tahun pertamanya ini, Eko Nugroho Art Class mengajak para peserta didik dan wali murid untuk mengunjungi pameran Biennale Jogja edisi 13 – 2015. Biennale Jogja adalah pameran yang menjadi salah satu acuan utama dalam meninjau perkembangan seni rupa di Indonesia yang penyelenggaraannya dimulai tahun 1988 di Yogyakarta. Selama 26 tahun penyelenggaraannya Biennale Jogja telah memberikan efek munculnya karya karya dan seniman seniman yang ikut mewarnai perkembangan seni rupa kontemporer di Yogyakarta bahkan Indonesia.

Peserta didik yang masih berusia rata-rata 3 – 7 tahun dan 2 peserta remaja tidak dituntut untuk memahami karya namun lebih pada mengenal berbagai bentuk karya dan menikmati karya-karya tersebut. Fieldtrip ini dilakukan pada hari Sabtu, 28 November 2015 pukul 13.00 wib. Fieldtrip dilakukan selama kurang lebih dua jam dengan mengunjungi seluruh area pameran. Waktu dua jam ternyata dilalui oleh peserta didik dengan cepat dikarenakan para peserta didik sangat antusias untuk melihat, mengamati dan menikmati setiap karya yang dipamerkan. Selain itu keramahan dan kesabaran dari tour guide Biennale membuat anak-anak semakin senang karena mereka tidak segan untuk bertanya maksud dari sebuah karya yang dipamerkan.

Para peserta didik Eko Nugroho Art Class adalah peserta tur Biennale termuda selama pameran berlangsung. Di mana rata-rata peserta tur adalah siswa SD hingga perguruan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas dapat dan sebaiknya ditanamkan sejak dini. Apresiasi jujur dari anak yang harus selalu diberi ruang agar terus berkembang dan akhirnya menemukan bentuknya sendiri. Selamat berkreativitas dan selalu berimajinasi!

Share this: