Field Trip Ke Taman Tino Sidin bersama TK Ananda Mentari

October 9, 2018 Berita

Hai semua.. Eko Nugroho Art Class baru saja melakukan field trip yang seru banget! Field trip ini diikuti Eko Nugroho Art Class bersama dengan salah satu Taman Kanak-kanak di Yogyakarta yaitu TK Ananda Mentari. Pada hari Kamis tanggal 4 Oktober 2018, Eko Nugroho Art Class dan TK Ananda Mentari berkunjung ke Taman Tino Sidin. Sebagai Museum, Taman Tino Sidin dibentuk sebagai hasrat besar sang Tino Sidin itu sendiri dalam memberikan edukasi dalam hal kreativitas dan seni bagi para anak-anak. Dan sebagai Galeri, Taman ini dibentuk sebagai tempat rekreasi sekaligus inspirasi bagi semua orang. Serta sebagai Ruang Seni, Taman Tino Sidin merupakan ruang kerja kreatif dan berkomunitas.

Kegiatan Field trip dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan HTM Taman Tino Sidin sebesar Rp 5.000 per orang. Empat puluh anak dari TK Ananda Mentari, didampingi oleh guru-gurunya, mengikuti rangkaian kegiatan dengan bersemangat. Kegiatan dibuka dengan perkenalan dari Eko Nugroho Art Class yang menjadi fasilitator pada field trip ini. Setelah itu dilanjutkan dengan perkenalan dari Mas Lanang selaku Edukator di Taman Tino Sidin, serta memperkenalkan juga Ibu Titik Sidin selaku anak perempuan dari Sang Tino Sidin itu sendiri. Kemudian anak-anak diajak berkeliling Galeri untuk melihat setiap lukisan sembari dijelaskan setiap kekhasan dari lukisan-lukisan tersebut.

Setelah tour selesai, Eko Nugroho Art Class mengajak anak-anak melakukan aktivitas seni. Pada field trip ini, anak-anak diajak untuk bereksplorasi dalam menggambar menggunakan media tepung terigu. Anak-anak diarahkan untuk berproses dari awal ketika mencampurkan tepung terigu dengan air dan pewarna makanan hanya dengan menggunakan jari-jari tangan mereka! Seru banget kann? Lalu proses menggambar juga dilakukan menggunakan jari-jari tangan sesuai dengan kreativitas mereka masing-masing. Manfaat menggunakan jari-jari tangan ini sangat besar untuk melatih bagian sensorik dan motorik anak. Sehingga tidak hanya menyenangkan tetapi aktivitas seni ini juga bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

Kemudian anak-anak makan siang bersama setelah aktivitas menggambar selesai. Pada akhir kegiatan, field trip ditutup dengan berfoto bersama anak-anak TK Ananda Mentari dengan menunjukkan hasil karya mereka. Anak-anak juga berfoto kembali dengan Ibu Titik Sidin dan juga para pendamping dari Eko Nugroho Art Class. Kegiatan ini meninggalkan kesan yang luar biasa bagi seluruh peserta field trip ke Taman Tino Sidin. Banyak hal yang didapat mengenai bagaimana Sang Tino Sidin mengajarkan teknik gambar untuk anak-anak. Serta banyak hal menyenangkan yang menjadi pengalaman bagi Eko Nugroho Art Class dan TK Ananda Mentari.

Share this: