Eko Nugroho Art Class

Kreatif, Ekspresi, & Rekreasi


Mengembangkan pribadi anak menjadi kreatif, imajinatif, dan ekspresif sesuai dengan potensinya melalui seni rupa


Misi

  1. Memberikan stimulus secara konkret melalui seni sesuai dengan tahap perkembangan anak sejak usia dini.
  2. Mengenali potensi anak melalui pembelajaran seni sebagai kegiatan yang menyenangkan.
  3. Melatih anak menjadi pribadi yang mandiri, percaya diri dan bertanggung jawab.
  4. Mengoptimalkan kreativitas, apresiasi, estetika dan sensitifitas pada anak sejak usia dini
  5. Menggunakan seni sebagai salah satu media terapi bagi anak.

Motto

  1. Menjadikan anak KREATIF sehingga mempunyai kemampuan secara kognitif untuk menyelesaikan permasalahan.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran secara RE-KREASI, yaitu membantu anak dalam mengkreasikan ulang suatu fenomena/obyek melalui berbagai cara yang menyenangkan.
  3. Menjadi wahana anak berEKSPRESI, yaitu melatih kemampuan anak untuk menuangkan maksud, gagasan, perasaan, menjadi sebuah karya seni

Profil Eko Nugroho Art Class


Eko Nugroho adalah seniman dari Yogyakarta yang namanya sudah dikenal di dunia seni rupa nasional dan internasional. Ia sering diundang untuk mengikuti pameran dan residensi di dalam dan luar negeri. Karya Eko Nugroho sudah menjelajah sampai ke empat benua di dunia: Asia, Eropa, Amerika, dan Australia, sekaligus dikoleksi oleh kolektor dan museum di dalam maupun luar negeri. Pameran terakhir yang ia ikuti adalah “10th Gwangju Bienale: Burning Down The House”, Gwangju, Korea Selatan (2014). Tahun 2013, salah satu karyanya dijadikan syal musim gugur/dingin oleh merek internasional, yaitu Louis Vuitton.

Eko Nugroho juga memiliki mimpi, konsen, dan kepedulian terhadap pendidikan seni untuk anak-anak. Eko percaya bahwa seni itu melatih otak untuk berpikir kreatif. Kreativitas berpikir membuat manusia bisa menyelesaikan berbagai macam persoalan karena dia bisa mengatasi keterbatasan dan mencari solusi. Pada bulan Januari 2015,  Eko Nugroho mewujudkan mimpinya dengan mendirikan sekolah non formal berbasis pada seni dan kreativitas yaitu “Eko Nugroho Art Class for Kids”. Pada tahun pertamanya, sekolah ini akan berfokus pada kreativitas berbasis seni khususnya seni rupa. Namun pada perkembangannya nanti, sekolah ini juga akan memfasilitasi berbagai  bentuk seni sebagai media pembelajaran kreativitas.

Eko Nugroho Art Class ini merupakan bagian dari salah satu usaha kreatif dibawah naungan Yayasan Eko Nugroho. Disamping ide kreatif lainnya yang telah berjalan dan telah mendapatkan apresiasi publik  seperti Studio Kreatif, Galeri Versus Project, Dagingtumbuh Shop, dan Pertunjukan Wayang Bocor. Usaha kreatif ini tentunya merupakan bagian dari proses kreatif Eko Nugroho untuk melihat peluang kemudian dieksplorasi menjadi media pemberdayaan sosial ekonomi bagi lingkungan di sekitarnya.

Setiap anak adalah unik. Dan setiap anak pasti dibekali oleh Tuhan kecerdasan yang unik pula. Maka kecerdasan tersebut perlu diaktualisasikan ke dalam bentuk atau media yang tepat. Art Class ini akan memfasilitasi aktualisasi kecerdasan anak tersebut sejak anak berusia dini melalui media seni dan kreativitas. Oleh karena usia dini adalah usia emas dimana anak mampu menunjukkan bakat dan minatnya karena imajinasi yang tanpa batas. Jadi, usia dini merupakan fase dimana anak mengenal kreativitas apapun untuk menunjang pertumbuhan motorik, kognitif, dan sosial emosinya.

Eko Nugroho Art Class hadir bukan untuk melahirkan anak-anak yang menguasai teknik melukis dengan bagus kemudian ketika berkompetisi mendapatkan juara. Art Class ini hadir untuk mengenalkan kepada anak bahwa kreativitas dan imajinasi dalam seni itu sebagai media ekspresi, refreshing, dan rekreasi. Kreatif, seni menjadi ruang bebas bagi anak untuk menuangkan dan melatih kreatifitas. Ekspresi, anak mengenal seni memang bagian dari pengungkapan ekspresi. Rekreasi, seni menjadi tempat hiburan yang menyenangkan.

Eko Nugroho Art Class didirikan untuk memberikan ruang itu semua terhadap anak-anak mulai usia dini sampai dengan ke tingkat lanjut. Bersama Eko Nugroho Art Class mari kita membentuk anak-anak yang berkepribadian mandiri, bebas, bertanggungjawab, dan mempunyai kepekaan rasa (empati). Bergabunglah bersama kami.

Share this: